Senin, 18 Mei 2009

Kuliner Surabaya



Sekolah Perhotelan dan Pariwisata Darma Cendika Surabaya

Kata orang, ke Surabaya tidak boleh lupa makan rujak cingur. Tetapi kalau hanya makan rujak cingur saja, rugi besar. Karena hampir semua penganan Surabaya lezat dan nikmat rasanya. Nikmati wisata kuliner yang sangat menggoda. Makanan dan jajanan khas Surabaya, tidak saja nikmat, namun semuanya mudah didapat dan harganya pun relatif terjangkau.
   
Makanan khas lainnya yang layak untuk dicoba adalah lontong balap. Makanan berkuah yang banyak menggunakan kecambah (tauge) dan tahu serta lontong ini sangat banyak disukai. Seperti halnya rujak cingur, lontong balap juga banyak dijumpai di seluruh sudut kota Surabaya.

Disamping kedua penganan tersebut, Surabaya juga terkenal dengan makanan semanggi yang juga merupakan salah satu bahan utama khas Jawa Timur khususnya Surabaya. Dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal kacang ditambah petis. Semanggi dihidangkan dengan pincuk daun pisang dengan tambahan sayur kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat.
Ada satu makanan yang sangat disayangkan untuk dilewatkan, yaitu jajanan pasar. Makanan ini biasa disuguhkan pada hari-hari tertentu untuk melengkapi upacara adat atau selamatan, tapi penganan ini setiap hari tersedia di seluruh pasar tradisional. Kadang di hotel-hotel berbintang pun juga menyediakan untuk acara-acara tertentu.

Tidak ada komentar: